Jenis jenis Font Terbaik Untuk Menulis Blog

 


Softwarecupu - Memilih jenis huruf  atau sering disebut dengan font  untuk menulis sebuah blog bukanlah perkara hal yang mudah. Jenis huruf akan menentukan tingkat keterbacaan (readability) dan kenyamanan bagi pengunjung blog.


 Jenis huruf  atau font  juga akan mempengaruhi SEO secara tidak langsung. Jika teks tulisan di blog nyaman di mata dan mudah dibaca, maka pembaca akan senang dan tidak ragu kembali ke blog Anda.


Sebaliknya, jika jenis font yang digunakan sulit dibaca, tidak nyaman di mata, susah dicerna, maka pembaca akan ogah kembali ke blog Anda, meski blog Anda ada di peringkat atas Google.




  Menurut para ahli, salah satu aspek yang penting dalam pemilihan jenis font adalah aspek readabilty. Readability dipengaruhi oleh jenis font, lalu ukuran font,pengaturan spasi, serta penggunaan warna. Banyak sekali font yang nampaknya indah tetapi cukup menyulitkan mata untuk membacanya.


Dengan demikian, dalam memilih jenis font, pertimbangan utama adalah aspek keterbacaan, bukan keindahan. Font yang indah hanya cocok untuk logo atau tagline, bahkan logo dan tagline sendiri juga harus memperhatikan readability.


Jenis Font Terbaik untuk Blog


Apa yang terbaik buat Blog atauWebsite?

Jenis font terbaik dari sisi aspek keterbacaan di layar monitor adalah Arial, Roboto, Open Sans, Verdana, Tahoma. Jika kelima jenis font tersebut dianggap "terlalu standar", masih banyak jenis font dengan desain serupa dan sama - sama readable

Menurut Awwwards, jenis font terbaik untuk teks postingan blog itu banyak. Di antaranya adalah sebagai berikut :

.
1. Karla
2. Lora
3. Frank Ruhl Libre
4. Playfair Display
5. Archivo
6. Spectral
7. Fjalla One
8. Roboto
9. Montserrat
10. Rubik
11. Source Sans
12. Cardo
13. Cormorant
14. Work Sans
15. Rakkas
16. Concert One
17. Yatra One
18. Arvo
19. Lato
20. Abril Fatface
21. Ubuntu
22. PT Serif
23. Old Standard
24. Oswald
25. PT Sans
26. Poppins
27. Fira Sans
28. Nunito
29. Oxygen
30. Open Sans
31. Merriweather
32. Noto Sans
33. Source Sans Pro


Cara Memasang Jenis Font di Template Blog


Jenis font biasanya dipasang di kode CSS bagian awal template blog, seperti ini:



     “

         body {font-family: Arial}


Kata kunci jens font yang digunaka dalam blog atau website pada umumnya adalah "font-family." Selanjutnya, kalian cari kode tersebut di dalam kode template (Tema > Edit HTML).


  Jika akan menggunakan jenis font --misalnya-- Arial, Tahoma, dan Verdana, maka tinggal tuliskan saja nama jenis font tersebut, sepeti dalam kode di atas.

Namun, jika akan menggunakan jenis font yang tidak biasa, maka harus menyertakan kode Google Fonts, misalnya, untuk jenis font Source Code Pro, kodenya sebagai berikut:


        “

                <link href="https://fonts.googleapis.com/css?
                family=Source+Code+Pro&display=swap"
                rel="stylesheet">

Pasang kode tersebut di bawah kode <head> atau di atas kode </head>

Demikian Jenis Font Terbaik untuk Blog.